Peta Benua Antartika

Posted on

Peta Benua Antartika – Benua Antartika adalah sebuah benua yang terletak di kutub selatan dengan las wilayahnya sekitar 15.500.000 km persegi atau 8,9 persen dari luas benua-benua yang ada di seluruh seluruh dunia.

Wilayah Antartika merupakan daerah terdingin di dunia, suhu terendah yang tercatat adalah -89,2 derajat Celcius, dan suhu rata-ratanya -23 derajat Celcius.

Sampai saat ini wilayah daratan Antartika belum dapat ditinggali oleh manusia. Puncak tertinggi di Kutub Selatan adalah Gunung Vinson Masif di pegunungan Ellsworth.

Peta Antartika Bulat

Berikut gambar peta benua Antartika:

Peta Antartika
Peta Antartika Bulat

Peta Benua Antartika

Peta Benua Antartika
Peta Benua Antartika

Peta Benua Antartika Google Map

Benarkah benua Antartika dan keadaan alamnya seperti gambar di atas? Hanya Allah Yang Maha Mengetahui. Karena para ilmuwan jarang yang bisa sampai ke sana. Dalam versi Google Map, peta Benua Antartika adalah seperti di bawah ini:

Informasi peta: Peta Antartika dan Samudra Selatan yang dihasilkan oleh Proyek LIMA (Mosaik Gambar Landsat Antartika). Ini menunjukkan topografi Antartika (sebagai garis biru), stasiun penelitian Amerika Serikat dan Inggris (dalam teks merah), area batuan bebas-es (berwarna coklat), rak es (berwarna abu-abu) dan nama-nama samudra utama badan air (dalam teks huruf besar biru).

Negara-negara yang berbatasan dengan Antartika: Tidak ada

Klaim Antartika: Banyak negara mengklaim sebagian Antartika dan Zona Ekonomi Eksklusif di lepas pantai. Ada banyak perselisihan tentang klaim ini.

Lokasi Antartika: Laut Amundsen, Laut Ross, Kong Hakon VII Hav, Laut Weddell, Laut Bellingshausen, Rak Es Ross, Rak Es Ronne, Rak Es Shackleton, Teluk Prydz, Rak Es Brunt, Rak Es Filchner, Pegunungan Ellsworth, Pegunungan Transantarctic, Tanah Palmer, Antartika Semenanjung, Larsen Ice Shelf, Oates Land, Victorialand, Queen Elizabeth Range, Danau Subglacial Vostok.

Sumber Daya Alam Antartika: Deposit berbagai mineral (bijih besi, tembaga, emas, kromium, platinum, batubara, minyak, gas alam) diketahui ada. Namun, sampai saat ini belum ada eksploitasi yang signifikan.

Bahaya Alam Antartika: Badai salju, badai siklon, gunung berapi, gunung es.

Masalah Lingkungan Antartika: NASA telah mengakui “lubang” ozon di atas benua yang akan memungkinkan peningkatan tingkat sinar ultraviolet menembus atmosfer. Ini bisa merusak DNA beberapa organisme laut. Daerah-daerah signifikan di lapisan es kontinental dan rak es berisiko mencair dari pemanasan global.

Jika ingin mengetahui lebih jauh bagaimana keadaan benua ini, selengkapnya bisa dilihat pada artikel Tentang Benua Antartika, semoga menambah pengetahuan anda.

Baca juga: Peta Antartika sejak abad 19

Untuk mengetahui di mana letak Benua Antartika jika di lihat dari peta keseluruhan dunia, silahkan kunjungi: Peta dunia berwarna dan hitam putih lengkap

Kunjungi Peta Dunia lengkap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *