Sejarah Negara

Website History

Menu

Tentang Negara Muangthai/Thailand

Juli 14, 2013 | Dunia, Negara

Tentang Negara Muangthai/Thailand – Negara Muangthai termasuk salah satu anggota Negara ASEAN, hal-hal yang perlu diketahui :

  • Luas wilayah : ± 514.000 km2
  • Ibu kota : Bangkok
  • Bentuk pemerintahan : Kerajaan
  • Kepala Negara : Raja
  • Kepala Pemerintahan : Perdana menteri
  • Raja : Bhumibol Adulyadej
  • Perdana menteri : Abhisit Vejjajiva
  • Lagu kebangsaan : Pleng Chard Thai
  • Jumlah penduduk (1988) : 54,12 juta
  • Bahasa : Thai (Siam)
  • Agama mayoritas penduduk : Budha
  • Mata uang : Baht
  • Bandar udara : Don Muang
  • Perusahaan penerbangan : Thai International Airways

Pemerintahan

Muangthai atau Thailand disebut juga Negeri Gajah Putih. Muangthai diambil dari nama salah satu suku bangsa di sana, yaitu suku Thai. Muangthai merupakan Negara yang tidak pernah dijajah negeri mana pun. Thailand sendiri artinya Negara bebas atau Negara yang tidak pernah dijajah. Dahulu orang Eropa menyebut Negara ini Siam. Bentuk pemerintahanya adalah kerajaan berkonstitusi, tetapi pemerintahan sehari-hari dikendalikan oleh seorang perdana menteri.

 

Keadaan Geografi

Secara astronomis Muangthai terletak antara 50LU – 210LS dan 1000BT – 1060BT. Iklimnya tropika dengan suhu rata-rata berkisar antara 240C dan 310C. Muangthai terletak disebelah utara Malaysia.

Batas wilayah Thailand/Muangthai

  • sebelah utara : berbatasan dengan Myanmar dan Laos
  • sebelah barat : berbatasan dengan Myanmar dan Laut Andaman
  • sebelah selatan : Malaysia dan Teluk Siam
  • sebelah timur : Laos, Kamboja, Vietnam

Bagian utara bergunung-gunung dan penuh hutan, bagian barat (Lembah Menam) dialiri Sungai Menam, bagian timur merupakan daratan tinggi, sedang bagian selatan merupakan daratan alluvium yang luas sampai semenanjung Malaysia.

Iklim

Berdasarkan letak lintangnya Thailand mempunyai iklim yang bervariasi yang bagian utara terutama di pegunungan utara : Plato Korat dan Lembah Sungai Chao Phraya beriklim musim, karena dipengaruhi oleh perubahan arah angin musim. Sedangkan di bagian selatan beriklim musim tropis dengan curah hujan yang tinggi berkisar antara bulan Desember dan bulan Januari.

Bentang alam

Bagian utara dan barat merupakan pegunungan yang tinggi berkisar 1.500 m dengan banyak tumbuh pohon jati. Gunung Inthanon (2.595 m) puncak tertinggi di Thailand/Muangthai terdapat di daerah ini.

Bagian timur laut terdapat dataran tinggi Korat, merupakan pegunungan kapur yang kering dan berpasir, tanahnya tandus dan kurang subur.

Bagian selatan berbentuk semenanjung memanjang dengan sisi baratnya adalah Laut Andaman dan sisi timurnya adalah Teluk Siam. Di daerah ini terdapat tanah genting Kra yang sangat terkenal.

Bagian tengah terdapat dataran rendah sangat subur dan cocok untuk pertanian padi, yaitu lembah sungai Chao Phraya.

Penduduk

Penduduk Muangthai sebagian besar (82%) adalah orang Thai, sisanya adalah orang-orang Cina, India, dan Melayu. Mereka berbahasa Thai dengan sebagian besar (93%) penduduknya beragama Budha. Hanya penduduk yang tinggal di dekat perbatasan Malaysia yang memeluk agama Islam. Jumlah penduduk pada tahun 1988 adalah 54, 12 juta jiwa, dengan kepadatan penduduk 94 jiwa per kilometer persegi.

 

Perekonomian

Ekonomi Muangthai sangat tergantung pada pertanian dengan beras dan karet sebagai komoditas utamanya. Selain itu juga dihasilkan kelapa, sutera, kapas, lada. Hasil tambang yang terpenting adalah timah. Timah bersama beras dan karet merupakan ekspor Muangthai yang utama. Hasil tambang lainnya: seng, mangan, wolfram, tembaga, dan bijih besi yang jumlahnya tidak sedikit.

Pariwisata juga termasuk penghasil devisa yang cukup besar, terutama dengan daya tarik Pantai Pattaya yang terkenal sangat indah, beranjak sekitar 140 km dari Bangkok. Di samping itu, keramahan orang Muangthai, kebudayaan serta keunikan negerinya, merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Nilai ekspor Muangthai tahun 1986 adalah USS 8.735 juta, sedangkan impornya USS 9.138 juta. Pendapatan nasionalnya (1985) USS 373.900 juta.

 

Kegiatan utama ekonomi

1. Pertanian

Hasil utamanya adalah padi yang diusahakan di lembah sungai Chao Phraya. Thailand terkenal dengan sebutan lumbung padi Asia Tenggara, peternakan yang terkenal kerbau dan babi.

2. Perkebunan

Hasil perkebunan utamanya adalah karet, kopi dan cengkih, sedangkan hasil hutannya kayu jati dan kayu besi.

3. Pertambangan

Hasil tambang utamanya adalah timah yang dihasilkan Semenanjung di Thailand.

4. Pariwisata

Negara Thailand memiliki tujuan wisata yang indah, antara lain :

  • Bangkok, mendapat sebutan kota air, di Sungai Chao Phraya terdapat pasar terapung. Di kota terdapat Pagoda yang indah.
  • Pattaya, banyak dikunjungi turis asing yang ingin menikmati keindahan pantai.
  • Chiang Mai, merupakan kota wisata di kawasan pegunungan Thailand Utara.

 

Hubungan dengan Indonesia

Muangthai juga menjadi salah satu anggota dan pendiri ASEAN. Hubungan perdagangan dengan Indonesia cukup baik dan menunjukkan kecenderungan meningkat. Indonesia mengimpor beras dan gula Muangthai. Sebaliknya Muangthai mengimpor kayu dan pesawat terbang dari Indonesia. Tahun 1987, nilai ekspor Indonesia ke Muangthai sebesar USS 85,9 juta, sedangkan nilai impor Indonesia dari Muangthai adalah USS 57 juta.

Related For Tentang Negara Muangthai/Thailand

Recent Post

Negara Antigua dan Barbuda adalah…
Tabel medali olimpiade Rio 2016…
Negara Angola adalah sebuah negara…
Tentang negara Andorra – Andorra…

Kategori