Cara memilih keyword yang tepat Yoast premium

  • Whatsapp

Cara memilih keyword yang tepat Yoast premium – Di plugin Yoast SEO, Anda akan menemukan bidang masukan frasa kunci utama atau keyword utama disebelah kanan posting. Yoast memang menyediakan ini untuk mengatur keyword artikel yang dibidik. Di situ Anda dapat memasukkan keyword atau frasa kunci yang Anda inginkan untuk mendapatkan peringkat halaman di Google.

Jika Anda melakukannya, Yoast SEO akan melakukan pemeriksaan pada konten halaman untuk melihat apakah mesin pencari akan mengenali tentang apakah artikel Anda. Mari kita ulas bersama mengenai apa tujuan dari fokus keyword dan bagaimana memilihnya dengan baik.

Baca juga: Yoast plugin cara seo wordpress terbaik

Apa itu kata kunci fokus?

Keyword fokus atau frasa kunci adalah istilah pencarian yang paling kita inginkan untuk mendapatkan peringkat dipencarian. Saat orang menelusuri keyword atau kata kunci tersebut, maka mereka akan menemukan artikel yang Anda tulis.

Jika Anda memilih keyword untuk artikel dengan Yoast SEO, plugin secara otomatis akan mengevaluasi konten dan memberikan umpan balik tentang cara meningkatkan konten untuk meningkatkan peluang peringkat lebih tinggi untuk istilah pencarian itu.

Anda akan menemukan kolom input untuk memilih keyword di sidebar Yoast SEO di sisi kanan editor Anda. Jika tidak melihat sidebar Yoast SEO, klik ikon Yoast di kanan atas layar terlebih dahulu.

sidebar keyword yoast

Anda juga dapat menemukan kolom input fokus keyword di meta box Yoast SEO yang terletak di bawah editor posting:

fokus keyword yoast di bawah posting

Anda akan menemukan umpan balik untuk meningkatkan konten di tab analisis SEO. Jika Anda mengubah halaman dengan umpan balik ini, akan lebih mudah bagi mesin pencari untuk mengenali tentang apa posting atau halaman tersebut.

Baca juga: Cara install Yoast Seo di WordPress dengan cepat

Mengapa memilih fokus keyword?

Menambahkan konten berkualitas ke situs web atau blog secara teratur adalah strategi SEO yang baik. Google melihat bahwa situs web aktif karena Anda menambahkan informasi baru dan meningkatkan volume konten.

Tetapi menambahkan konten secara acak ke situs Anda tidak terlalu berguna. Kita harus menyusun strategi kata kunci, dan berdasarkan strategi tersebut Anda harus membuat konten berkualitas tinggi yang dicari audiens. Saat menulis artikel, penting untuk mengoptimalkannya sesuai dengan frasa keyword unik yang Anda incar. Disitulah Yoast SEO akan mengambil peran.

Bagaimana memilih frase kunci fokus

Menurut tim Yoast SEO, setidaknya ada tiga hal yang harus Anda lakukan untuk menentukan keyword atau kata kunci unik mana yang harus dioptimalkan untuk posting, yaitu sebagai berikut:

  1. Temukan fokus keyword yang dicari orang
  2. Cari tahu tentang volume pencarian
  3. Google keyword

Mari kita uraikan langkah-langkah ini:

1. Temukan kata kunci fokus yang dicari orang

Seperti disebutkan di atas, strategi memilih keyword seharusnya memberi gambaran tentang apa yang ingin Anda tulis. Jika belum memiliki strategi kata kunci, Anda harus membuatnya terlebih dahulu dengan cermat.

Kata kunci berekor panjang (Long tail keyword)

Jika ingin postingan atau artikel anda mendapatkan peringkat, Anda dapat meningkatkan peluang dengan mengarahkan keyword berekor panjang atau yang sering disebut long tail keyword.

Kata kunci ekor panjang sering kali terdiri dari lebih banyak kata dan lebih jarang dicari daripada kata kunci ‘kepala’ yang sangat populer. Tetapi kurang populer juga berarti lebih sedikit persaingan dan peluang untuk mengonversi biasanya lebih tinggi.

Alat yang membantu Anda menemukan keyword ekor panjang dan frasa kunci terkait

Setelah menyelesaikan penelitian keyword atau kata kunci dan sudah memiliki ide tentang apa yang ingin ditulis, Anda dapat menggunakan alat yang berbeda untuk menemukan varian ekor panjang dari frasa kunci tersebut atau frasa kunci terkait.

Misalnya, Anda dapat menggunakan alat seperti Answer the Public untuk menemukan pertanyaan mana yang paling dicari orang tentang topik tertentu. Ini akan memberi banyak wawasan dan inspirasi untuk posting baru.

Tapi, sejak Yoast SEO 15.1 mereka telah membuat ini lebih mudah untuk Anda! Di plugin Yoast SEO sekarang menawarkan fitur baru: integrasi SEMrush untuk memudahkan pengguna menemukan frasa kunci terkait yang dicari orang.

Jadi, ketika Anda tahu apa yang harus ditulis, Anda dapat mengklik ‘Dapatkan Frasa Kunci Terkait’ di bawah Frasa Kunci Fokus dan cari tahu istilah apa yang dicari orang dan bahkan pelajari lebih lanjut tentang volume dan tren:

get related keyphrases
Menemukan keyword terkait di Yoast SEO dengan integrasi SEMrush

Baca juga: SEO Abadi: 6 trik apa adanya namun hebat

2. Riset volume pencarian untuk keyword/frasa kunci

Setelah menemukan istilah pencarian berekor panjang yang ingin dirangking, Anda harus berusaha untuk menemukan apakah ada banyak pencarian untuk kata kunci atau keyword tersebut di volume pencarian.

Teknik ini membutuhkan cukup banyak usaha: meneliti istilah pencarian di Google Adwords atau Google Trends. Tetapi sekarang Anda dapat dengan mudah mendapatkan keyword terkait atau long tile keyword di Yoast SEO dan menemukan informasi tentang volume pencarian seberapa sering pencarian dalam jangka waktu tertentu dan tren bagaimana hal itu berubah seiring waktu.

Sekarang Anda dapat dengan mudah membandingkan frasa kunci yang mungkin terkait dan memutuskan mana yang akan difokuskan pada artikel Anda saat ini atau lainnya!

Mengoptimalkan posting untuk frasa kunci terkait dapat meningkatkan kualitas konten. Ini akan membuatnya lebih lengkap dan lebih mudah dipahami oleh Google. Jika ingin mengatur salah satu frasa kunci terkait untuk posting, Anda dapat melakukannya dengan satu klik di Yoast SEO Premium. Setelah itu, kembali ke editor posting dan optimalkan posting Anda untuk frasa kunci terkait yang baru.

KELEBIHAN YOAST PREMIUM

Selain mengatur frasa kunci dan sinonim terkait, Yoast SEO Premium lebih mengenali frasa kunci ketika dalam bentuk jamak atau lampau, misalnya. Google cerdas, dapatkan analisis yang sama cerdasnya!

Periksa posting yang sudah berperingkat

Jika sudah memiliki beberapa artikel atau posting (blog) dengan peringkat yang baik untuk istilah yang baik, Anda akan tahu berapa banyak pengunjung yang datang dan membaca ke posting ini. Menggunakan Google Trends untuk membandingkan fokus frasa kunci dari pos lama (yang dapat Anda lihat statistiknya) dengan frasa kunci fokus yang ada dalam pikiran Anda untuk pos baru, dapat memberi gambaran tentang lalu lintas potensial frasa kunci baru tersebut.

Pastikan untuk memilih postingan lama yang paling mirip dengan postingan yang akan Anda tulis: jika Anda berencana memilih kata kunci berekor panjang, bandingkan juga postingan dengan kata kunci berekor panjang lainnya.

Cara bagus lainnya untuk menggunakan ini adalah saat Anda mempertimbangkan sejumlah kata kunci fokus (ekor panjang). Karena ini akan dengan mudah menunjukkan istilah pencarian mana yang akan memiliki volume pencarian tertinggi dibandingkan dengan yang lain. Karenanya, ini akan membantu Anda memutuskan kata kunci berekor panjang mana yang paling umum digunakan dalam pencarian.

Baca juga: Panduan konfigurasi Yoast SEO

3. Google keyword fokus yang Anda usulkan!

Selain mengetahui istilah pencarian mana yang sebenarnya digunakan oleh mayoritas orang, Anda perlu mengetahui apakah ide untuk postingan atau halaman Anda sesuai dengan kebutuhan dan harapan kebanyakan orang yang menggunakan istilah pencarian tersebut.

Anda perlu memahami apa maksud pencarian tersebut. Salah satu cara untuk mengetahui apakah konten Anda memenuhi kebutuhan orang adalah dengan mengajukan sendiri (kumpulan) kata kunci yang Anda usulkan ke Google.

Periksa hasil di mesin pencari

Luangkan waktu untuk melihat di hasil mesin pencari (SERPs) Apakah artikel di hasil Google memiliki karakter yang mirip dengan artikel Anda? Bisakah artikel Anda sesuai dengan hasil yang ditampilkan di halaman pencarian ini?

Jenis konten yang ditampilkan pada hasil pencarian akan membantu Anda memutuskan jenis konten apa yang akan dibuat: apakah Google menampilkan halaman produk atau posting blog? Atau mungkin video, gambar?

Jika ada satu jenis yang dominan, Google mungkin “berpikir” ini adalah jenis konten yang dicari orang, jadi ada baiknya luangkan waktu untuk membuat jenis konten itu juga. Tentu saja, hasilnya berubah ketika maksud pencarian berubah. Ingat: Anda harus mengalahkan hasil pencarian lainnya, jadi lakukan ini hanya jika Anda yakin dapat membuat sesuatu yang benar-benar luar biasa dan berguna untuk audiens Anda!

Halaman hasil sebagai inspirasi

Pastikan untuk menggunakan konten halaman hasil sebagai inspirasi untuk posting blog Anda. Apakah ada ide yang berguna? Kami tidak mengajak Anda untuk menyalin konten, tetapi hanya untuk melihat apakah Anda mungkin melewatkan beberapa informasi atau argumen untuk posting atau halaman Anda.

Dan yang paling penting: Bagaimana bisa memastikan postingan Anda akan menonjol? Dengan cara apa postingan kita menjadi lebih baik, lebih lucu, lebih orisinal daripada postingan yang saat ini ditampilkan di halaman hasil? Cobalah untuk membuat konten yang akan membuat penonton mengklik dan berbagi!

Lihat media sosial dan forum

Tip bagus lainnya: cobalah lihat apa yang orang tanyakan dan katakan tentang topik ini di media sosial dan berbagai forum online. Ini mungkin akan memberi banyak masukan untuk posting Anda. Anda dapat langsung menjawab pertanyaan orang-orang dan kesulitan yang mereka temui terkait topik ini. Selain itu, ini akan membantu Anda menggunakan kata-kata yang tepat, yang sangat penting jika ingin menjangkau audiens Anda.

Jangan lupa ulangi riset Anda sekarang dan nanti!

Ingatlah bahwa saran pencarian ini berubah setiap saat. Saran tersebut akan sering disesuaikan dengan apa yang Anda cari sebelumnya. Saat kita mencari istilah “cara memilih keyword” beberapa waktu lalu, berikut adalah hasil yang disarankan:

google suggest long tail keyword

Sarankan perubahan berdasarkan masalah yang orang miliki, jadi memantau keyword penting dan masuk akal. Hasil baru dapat memberi masukan untuk posting Anda atau posting lain, tetapi tetap terkait.

Baca juga: Fitur Yoast tersembunyi yang meningkatkan SEO

Yoast SEO memeriksa kualitas frasa kunci Anda

Kata kunci fokus yang baik untuk artikel sangat penting jika ingin mendapat tempat di mesin pencari. Oleh karena itu, Yoast SEO memeriksa beberapa aspek dari keyword Anda. Pertama-tama, memeriksa panjang frasa kunci Anda, untuk memastikan keyword tidak terlalu panjang. Selain itu, Yoast SEO memeriksa apakah keyphrase hanya terdiri dari kata-kata fungsi.

Pemeriksaan kata fungsi di Yoast SEO

Kata fungsi (kata-kata seperti yang, di, dan, atau, ke, dengan, dll) memiliki arti yang sangat sedikit. Kata-kata tersebut tidak membantu Google mengetahui topik sebuah artikel. Jadi, keyword harus mengandung kata baku yang merunut pada topik tertentu.

Meskipun kemungkinan besar tidak akan muncul dengan frasa kunci seperti itu, hal itu bisa terjadi karena Anda terganggu saat mengetik dalam frasa kunci. Misalnya pada artikel ini sebelumnya saya menggunakan judul keyword “Cara memilih keyword yang tepat dengan Yoast premium“.

Keyword tersebut mendapatkan peringatan, sehingga pada tab Analisis SEO Yoast tidak menampilkan indikator hijau. Tetapi setelah kata dengan saya hapus dan menjadi “Cara memilih keyword yang tepat Yoast premium” maka pada analisis seo menjadi hijau.

Dalam kasus yang jarang terjadi, Anda mungkin sebenarnya bermaksud memberi peringkat untuk frasa yang hanya terdiri dari kata-kata fungsi. Misalnya, jika Anda menulis postingan tentang meme “Mengapa Anda melakukan itu?”. Dalam kasus luar biasa seperti ini, Anda dapat menghindari poin merah dengan menambahkan kutipan ganda sebelum dan sesudah frasa kunci Anda. Dengan melakukan itu, yoast hanya akan mencari pencocokan persis dari frasa ini dan peringatan akan menghilang.

Apakah setiap artikel harus memiliki fokus keyword?

Pertanyaan ini tampaknya sering ada dalam benak para blogger, apa yang seharusnya?

Jawabannya mudah: tidak setiap posting halaman membutuhkan kata kunci fokus. Misalnya halaman kontak Anda harus mudah dijangkau, mungkin perlu diberi peringkat untuk “alamat “. Itu mungkin tidak masuk akal sebagai kata kunci fokus, dan tidak masalah jika dikosongkan.

Juga, tanyakan pada diri Anda: Apakah saya ingin posting ini mendapat peringkat dalam jangka panjang? Beberapa postingan, misalnya, pengumuman sementara, mungkin juga tidak layak untuk dioptimalkan.

Baca panduan: Riset kata kunci google untuk SEO

Kesimpulan

Memilih keyword yang tepat atau kata kunci fokus atau frasa kunci yang sempurna bukanlah ilmu pasti. Anda harus mengarahkan pada kombinasi kata-kata yang sebenarnya digunakan oleh audiens pencarian. Usahakan frasa kunci yang volumenya relatif tinggi dan yang sesuai dengan audiens Anda.

Baca juga: Panduan 7 langkah cara membuat website dengan WordPress

Pos terkait