Adakah kebaya Pengantin Muslimah Modern yang Syar’i?

  • Whatsapp

Adakah kebaya Pengantin Muslimah Modern yang Syar’i? Beberapa orang ada yang bertanya seperti itu. Bisa jadi termasuk anda salah satunya. Munculnya pertanyaan semacam itu pada titik tertentu sangat wajar adanya. Jadi, tak mengherankan. Justru, bagi anda yang mampu memberikan jawaban yang tepat, alangkah baiknya disampaikan dengan bijak kepada yang belum mengetahuinya.

Kembali lagi ke pokok bahasan, mengapa pertanyaan mengenai ada atau tidaknya kebaya pengantin muslimah syar’i yang modern itu wajar sekali adanya?

Sebab, bisa jadi, dalam alam pikiran atau pun pengetahuan kita selama ini, yang terbayang dengan kata kebaya adalah pakaian adat tradisional yang pada titik-titik tertentu terdapat sisi yang kurang pas, seperti: bahannya transparan, bahkan hampir semuanya ketat atau pas sekali dengan bentuk lekukan tubuh pemakainnya. Umumnya dipakai ketika acara-acara resmi di masyarakat atau di pemerintahan.

Misalnya, pada penyelenggaraan pelantikan pejabat, siding pleno dewan perwakilan rakyat di pusat maupun di daerah. Atau pas ada undangan pernikahan, biasanya di momen-momen itu kebanyakan kaum hawa mengenakan kebaya.

Nah, itulah paling tidak penilaian mayoritas orang, khususnya kaum muslimah ketika mendengar atau membaca kata kebaya. Sehingga, bisa merupakan hal yang baru atau aneh begitu dikatakan ada model baju kebaya pengantin muslimah yang sesuai dengan syariat.

Jadi, adakah kebaya pengantin muslimah syar’i sekaligus modern itu? Jawabannya adalah iya ada. Dimana kalau memang ada? Bisa dimana saja, di daerah anda tinggal pun bisa jadi tersedia. Hanya mungkin anda belum begitu tau lokasinya.

Atau bisa saja anda pernah melihatnya, namun tidak sadar bahwa kebaya seperti itu termasuk dalam kategori kebaya muslimah yang syar’i. Lantas, kebaya seperti apa untuk pengantin yang syar’I itu? Akan sama-sama kita diskusikan bersama disini.

Baca juga: 7 tips memilih Rias Pengantin terbaik

kebaya Pengantin Muslimah Modern yang Syar'i

Kebaya Pengantin Muslimah Modern Sekaligus Syar’i

Mari kita sama-sama diskusikan seperti apa kriteria untuk kebaya pengantin yang syar’I itu tanpa harus ketinggalan nuansa keindahan dari sisi fashionnya.

Sengaja saya istilahkan memakai kata “diskusikan” dengan maksud bahwa apa yang kami sampaikan ini masih terbuka ruang untuk dikoreksi jika ada kekeliruan di dalamnya, termasuk bahasan mengenai kebaya pengantin ini.

Berikut ini kriteria yang dapat dijadikan pertimbangan untuk menilai apakah kebaya pengantin muslimah modern yang banyak beredar itu termasuk syar’I atau tidak.

1. Menutup Seluruh Bagian Tubuh Kecuali yang Diperbolehkan

Ini hal yang paling mendasar yang harus jadi pertimbangan. Termasuk untuk urusan kebaya pengantin bagi muslimah. Bila kebaya itu sudah memenuhi prinsip ini, insyaAllah sudah masuk kategori syar’i.

2. Hindari yang Tipis dan Hindari Menampakan Bentuk Badan

Ini kemudian menjadi patokan untuk mendukung kriteria yang pertama tadi. Tipis disini artinya kebaya pengantin muslimah yang akan anda pakai nanti tidak menampakan atau menyifati kulit karena tipis, transparan dan memperlihatkan bentuk badan.

Andaipun anda memakai bahan yang transparan karena tertarik dengan hiasan dari kebaya tersebut, maka anda harus memakai pakaian lain didalamnnya untuk menutupi terlihatnya kulit. Dan usahakan hindari warna yang senada dengan warna kulit.

Untuk menghindari lekukan bentuk tubuh, maka ukuran kebaya yang dipakai juga jangan terlalu ketat, apalagi sampai menampakan bagian-bagian yang dapat menimbulkan fitnah bagi lawan jenis.

3. Pertimbangkan Faktor Kenyamanan

Pakai bahan untuk kebaya pengantin muslimahnya yang mendukung kenyamanan anda. Karena ini kebaya pengantin, tentunya akan dipergunakan dalam waktu yang cukup lama pada satu periode waktu yang sama. Maka anda pertimbangkan untuk kenyamanan anda, pilih bahan yang mudah menyerap keringat, lentur dan dan nyaman. Sebisa mungkin hindari bahan yang tebal dan panas.

Baca juga: Desain Baju Kurung Modern

Bagaimana sahabat? Sudah ada gambaran sedikit mengenai batasan kebaya pengantin muslimah modern yang syar’i? Poin-poin tersebut hanya sebagai patokan dasar. Adapun mengenai model dan warna dari kebaya yang akan dipilih maka disesuaikan dengan selera anda masing-masing.

Artinya, anda masih bisa mengikuti perkembangan dunia fashion tanpa harus meninggalkan nilai ketentuan dalam beragama atau syariat. Sehingga, pernikahan yang akan digelar tetap memiliki kebaikan di mata manusia, apalagi dihadapan Allah SWT.

Itulah yang saya sebut dengan kenyamanan. Nyaman didunia maupun diakhirat kelak. Sehingga pernikahan yang digelar memang akan memenuhi tujuan mulia dari pernikahan.

Pertanyaan sahabat berikut berikutnya mungkin adalah, dimana mendapatkan kebaya pengantin muslimah modern seperti itu? Ada dua pilihan bagi anda, meminta disediakan kepada wedding organizer yang anda sewa atau anda membuatnya sendiri, baik kepada penjahit tradisional maupun kepada desainer langganan anda.

Semoga menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah, di dunia hingga akhirat. Dan anda bisa menempuh itu semua salah satunya dengan memakai gaun kebaya pengantin muslimah yang modern dan syar’i.

Terkait kebaya Pengantin Muslimah Modern yang Syar’i

Pos terkait