Prancis dikalahkan Vietnam dalam pertempuran Dien Bien Phu

Diposting pada 5 views

Sejarah Hari Ini – Di barat laut Vietnam, pasukan Viet Minh Ho Chi Minh dengan tegas mengalahkan Prancis pada pertempuran Dien Bien Phu, sebuah benteng Prancis yang dikepung oleh komunis Vietnam selama 57 hari.

Kemenangan Viet Minh di Dien Bien Phu menandai berakhirnya pengaruh kolonial Prancis di Indocina dan membuka jalan bagi pembagian Vietnam di sepanjang paralel ke-17 pada konferensi Jenewa.

Pada tanggal 2 September 1945, beberapa jam setelah Jepang menandatangani penyerahan tanpa syarat mereka dalam Perang Dunia II, pemimpin komunis Ho Chi Minh memproklamasikan kemerdekaan Republik Demokratik Vietnam, dengan harapan untuk mencegah Prancis dari merebut kembali bekas jajahan kolonial mereka.

Pada tahun 1946, ia dengan ragu-ragu menerima proposal Prancis yang memungkinkan Vietnam tetap ada sebagai negara otonom di dalam Uni Prancis, tetapi pertempuran pecah ketika Prancis mencoba menegakkan kembali pemerintahan kolonial.

Mulai tahun 1949, Viet Minh melakukan perang gerilya yang semakin efektif melawan Prancis dengan bantuan militer dan ekonomi dari China yang baru Komunis. Prancis menerima bantuan militer dari Amerika Serikat.

Pada November 1953, Prancis, yang lelah dengan peperangan di hutan, menduduki Dien Bien Phu, sebuah pos pegunungan kecil di perbatasan Vietnam dekat Laos. Meskipun Vietnam dengan cepat memutus semua jalan menuju benteng, Prancis yakin bahwa mereka dapat disuplai melalui udara.

Benteng juga berada di tempat terbuka, dan Prancis percaya bahwa artileri superior mereka akan menjaga posisi tetap aman. Pada tahun 1954, tentara Viet Minh, di bawah Jenderal Vo Nguyen Giap, bergerak melawan Dien Bien Phu dan pada bulan Maret mengepungnya dengan 40.000 tentara Komunis dan artileri berat.

Serangan pertama Viet Minh terhadap 13.000 tentara Prancis yang bercokol terjadi pada 12 Maret, dan meskipun mendapat dukungan udara besar-besaran, Prancis hanya menguasai dua mil persegi pada akhir April. Pada 7 Mei, setelah 57 hari pengepungan, posisi Prancis runtuh.

Meskipun kekalahan tersebut mengakhiri upaya kolonial Prancis di Indocina, Amerika Serikat segera bertindak untuk mengisi kekosongan, meningkatkan bantuan militer ke Vietnam Selatan dan mengirim penasihat militer AS pertama ke negara itu pada tahun 1959.

Pertempuran Dien Bien Phu

PeristiwaPertempuran Dien Bien Phu (Bagian dari Perang Indochina Pertama)
TanggalTanggal 13 Maret – 7 Mei 1954b (Templat: Age in years, months, weeks dan days)
Lokasi21°23′13″N 103°0′56″E (Sekitar Điện Biên Phủ, Vietnam)
HasilKemenangan telak bagi Viet Minh
– Termination of French involvement in Indochina
– Signing of Geneva Conference (1954)
– End of the First Indochina War
Perubahan wilayahVietnam terpecah sementara pada 17th Parallel.