Sejarah Negara Com
Ensiklopedia sejarah dan negara

Sabuk Pemanufakturan Amerika

Daerah vital ini terletak di jalan pintas ke Eropa dan mendominasi pedalaman benua itu. Daerah ini tersebar ke empat struktur utama: dataran pantai Atlantik, Pegunungan Appalachia, tanah rendah Danau-Danau Besar-St. Lawrence, dan bagian-bagian Perisai Kanada.

Dataran pesisir Atlantik memiliki banyak teluk atau muara sungai yang amat sangat bagus yang merupakan pelabuhan yang bagus sekali untuk pelayaran. Pegunungan Appalachia memiliki hutan, tenaga air, batubara, dan minyak.

Tanah rendah Danau-Danau Besar-St. Lawrence mempunyai tanah yang luar biasa suburnya untuk pertanian, sumber tenaga air yang melimpah, dan dua pintu keluar besar ke laut-yakni jajaran sungai Hudson-Mohawk dan jalur laut St. Lawrence.

Bagian-bagian Perisai Kanada yang dikuasai Amerika-yaitu daerah yang terletak’di pegunungan Adirondack dan tanah tinggi Superior-yang kaya akan bijih besi dan kayu. Keempat kawasan dan sumber tenaga itu dihubungkan oleh Terusan Tembus negara bagian New York dan terusan dari Danau-Danau Besar ke Sungai Ohio dan Mississippi. Kawasan itu juga dihubungkan oleh banyak jalur kereta api utama, oleh jalur jalan raya, dan kemudian juga oleh jalur lintas udara.

Dengan demikian, suatu rumpun sumber tenaga dan jalur yang menakjubkan telah tersedia, suatu rumpun yang mungkin tidak ada di bagian lain dunia kecuali Eropa Barat atau di bagian tengah dan selatan Uni Soviet. Industri perintis yang terletak di pinggiran timur pegunungan Appalachia memanfaatkan sumber tenaga air yang ada untuk menjalankan mesin. Mereka memanfaatkan berbagai bahan mentah yang didatangkan dari Selatan dan dari Hindia Barat.

Mereka memproduksi barang yang terbuat dari wol dan kapas dan produk hutan; mereka mengolah ikan dan memanufaktur berbagai perkakas dan mesin.

Jaringan Ohio-Danau-Danau Besar dikembangkan untuk mengangkut batubara dari Pennsylvania dan Virginia Barat ke Danau-Danau Besar dan bijih besi dari tanah tinggi Superior ke kota pemanufakturan. Pittsburgh, Youngtown, Cleveland, Detroit, Gary, Chicago, Buffalo, dan Duluth-semua kota dan kota besar ini telah mengembangkan pabrik besi dan baja yang besar, yang pada gilirannya memakai batubara untuk memanaskan tungku mereka.

Kawasan itu menjadi pusat pembuatan berbagai mesin pertanian dan peralatan transportasi-termasuk traktor, mobil, kereta api, dan kapal danau. Pemanufakturan alat listrik dan barang kimia dan karet pada akhirnya juga dikembangkan di sana.

Daerah industri pesisir dan pedalaman dikaitkan ke dalam kompleks ini oleh celah Mohawk. Kota utama di daerah ini adalah Rochester, Syracuse, Troy, dan Schenectady. Terdapat pabrik tepung terigu, pakan ternak, dan pemanufaktur barang listrik, kimia, dan alat pengukur ketepatan di sana.

Seluruh sabuk pemanufakturan Amerika berpenduduk pada yang terdiri atas berbagai kelompok keturunan. Orang datang ke sabuk pemanufakturan itu dari daerah pedesaan, terutama dari Selatan. Migrasi ini mencakup baik orang kulit hitam maupun orang kulit putih.

Sebagian besar penduduk di wilayah itu kini hidup di kota besar. Berbagai daerah metropolitan yang besar sekali telah dikembangkan. Daerah ini seringkali terbentang jauh sampai ke luar kota, menyerap kota kecil dan desa.

Di sepanjang pesisir Atlantik, banyak kompleks kota besar dan pinggiran kota yang boleh dikatakan saling berhimpitan. Kompleks itu meliputi daerah Boston, New York, Philadelphia, Baltimore, dan Washington. Rumpun kota besar lainnya terdapat di Sungai Ohio hulu di sekitar Pittsburgh.

Selebihnya berkembang di sepanjang Danau Erie, Sungai Niagara, dan Danau St. Clair. Kota raksasa ini mencakup Cleveland, Detroit, dan Buffalo. Rumpun lainnya lagi telah tumbuh di sekitar bagian selatan Danau Michigan, yang menonjol adalah Chicago.

Semua daerah perkotaan yang luas sekali mengalami kemacetan di bagian pusatnya dan perluasan di pinggirannya. Semua memiliki pusat perkantoran, pertokoan, dan perhotelan yang berjubel dan menjulang tinggi dalam bentuk pencakar langit.

Kesemuanya menghadapi masalah lalu lintas, semuanya mempunyai daerah pinggiran kota yang menjorok jauh ke pedesaan, tempat rumah keluarga tunggal mengambil-alih lahan pertanian terbaik. Semua mempunyai program pengembangan kembali secara besar-besaran untuk mewujudkan kehidupan baru dan fasilitas yang lebih baik ke jantung kota besar.

Bagian Barat Tengah

Wilayah yang maha luas ini membentang dari pegunungan Appalachia sampai ke pegunungan Rocky dan dari Danau-Danau Besar sampai ke pegunungan Ozark.

Bagian ini merupakan jantung geografi benua itu dan merupakan daerah dataran luas diselingi hanya oleh gundukan atau kambi rendah yang melereng dari Plato Cumberland atau menanjak ke Dataran Tinggi Missouri sampai ke Dataran Besar dan kaki bukit Pegunungan Rocky.

Suatu jajaran sungai yang dapat dilayari mengalir dari utara ke selatan (yang dihubungkan oleh beberapa terusan ke danau-danau) dan mata-jala jalan dan jalur kereta api timur-barat telah membantu pemasaran produk dan distribusi berbagai mesin, biji, pupuk, dan keperluan lain wilayah itu.

Produk sangat besar yang disajikan oleh sabuk pemanufakturan dan mudahnya mencapai pasar luar negeri melalui pelayaran di jajaran sungai Mohawk-Hudson, jalur laut St. Lawrence, atau Sungai Mississippi telah sangat membantu mengembangkan perdagangan.

Petak khas lahan pertanian di Ohio
Petak khas lahan pertanian di Ohio

Berkat hal itu dan kelebihan lainnya, Barat Tengah telah menjadi daerah pertanian paling produktif di Belahan Bumi Barat. Di banyak dataran dan teras utara-dengan iklim yang cocok untuk menanam jagung pakan ternak, rumput, alfalfa, dan gandum oat-telah muncul banyak usaha peternakan sapi perah.

Usaha itu memasok kota besar pemanufaktur di dekatnya dengan susu dan mentega. Keju juga diproduksi di sini untuk dipasarkan ke seluruh negara. Buah-buahan ditanam di daerah yang lebih terlindung, seperti daerah pesisir timur Michigan. Di sebelah selatan, iklim jauh lebih hangat, dengan suhu rata-rata 24-27°C di bulan Juli.

Jagung tumbuh subur di bagian selatan daerah Barat Tengah dan ditanam di daerah yang membentang dari Ohio melintas Indiana dan Illinois sampai ke Iowa dan Nebraska. Jagung ini ditanam terutama untuk pakan ternak. Beberapa lahan pertanian mengkhususkan kegiatannya dalam penanaman dan penjualan jagung.

Di daerah yang lain, mungkin karena lahannya berbukit-bukit sehingga sesuai untuk penggembalaan, orang memelihara ternak pedaging atau babi dan menanam jagung untuk menggemukkan ternak mereka sendiri. Candum, oat, rumput, dan gandum musim dingin ditanam secara bergilir, terutama untuk pakan ternak. Jagung juga dipakai untuk membuat wiski, terutama di Indiana dan Kentucky.

Di sebelah selatan Sungai Ohio dan Missouri, yang mempunyai kira-kira 200 hari bebas beku setiap tahunnya, tembakau dan kapas ditanam sebagai tanaman keras utama. Di sini daerah Bagian Barat Tengah berbaur dengan Bagian Selatan.

Di sebelah barat, di Dataran Besar, gandum musim semi ditanam selama musim tanam yang singkat di Dakota Utara dan Dakota Selatan, sedangkan gandum dan oat musim dingin ditanam selama musim tanam yang lebih lama di Nebraska.

Lebih jauh ke barat lagi, di wilayah setengah gersang dengan curah hujan kurang dari 38 cm per tahun, terdapat pusat peternakan Amerika. Ini adalah daerah padang rumput pendek.

Para peternak masih mengangkut sejumlah besar ternak pedaging muda ke timur untuk digemukkan, tetapi semakin banyak yang menggemukkan ternak mereka sendiri dengan alfalfa yang ditanam dengan dukungan irigasi dan dengan jewawut yang didatangkan dari luar daerah.

Kota besar utama wilayah itu terletak di titik temu Utama jalur jalan kereta api, jalan raya, dan jalan air. Produk pertanian wilayah itu dikumpulkan dan dipasarkan di kota besar itu. Cincinnati, di tepi Sungai Ohio (dahulu adalah pusat babi dunia); Indiana, di jantung Sabuk Jagung; St. Louis, pusat perdagangan partai besar untuk wilayah Mississippi tengah dan Missouri;

Minneapolis-St. Paul, metropolis gandum; dan Denver, yaitu pusat pelayanan untuk dataran tinggi, merupakan pusat pasar Barat Tengah yang khas. Semua kota besar itu mempunyai stasiun kereta api dan terminal truk yang besar, agen perdagangan partai besar, pusat perkantoran dan perbelanjaan besar, hotel untuk berbagai sidang, serta sejumlah industri yang menggunakan berbagai produk pertanian setempat.

Bagian Selatan

Ini adalah wilayah yang bhineka. Ada dataran lembap Florida dan plato kering Texas, pegunungan Smoky yang tinggi dan lahan rendah Delta Mississippi. Terdapat pula rumah gedung tua Virginia dan produk daerah miskin di pegunungan Ozark. Ada besi dan baja di Alabama dan minyak di Oklahoma.

Sepintas lalu sulit untuk memahami bagaimana Bagian Selatan itu dapat dikatakan sebagai satu wilayah. Namun, secara historis bagian ini tumbuh dan terpaut sebagai bagian selatan pedesaan, yakni daerah pertanian yang terutama menitikberatkan usaha tani.

Lahan perkebunan kapas dan tembakau ini dibagi menjadi Bagian Selatan hitam, tempat budak dimanfaatkan, dan Bagian Selatan Anglo-Sakson dengan penduduk kulit putih yang luar biasa homogennya. Faktor itu masih penting meskipun tidak sepenting di masa silam.

Bagian Selatan saat ini tidak begitu bergantung kepada kapas dibandingkan dengan di masa lalu. Dataran pesisir selatan kini merupakan daerah pertanian tanaman keras utama dan sabuk peternakan unggas. Penggemukan ternak untuk dipasarkan berada di tepi Sungai Piedmont dan usaha tani tumpang sari di plato pedalaman (dengan titik berat lebih besar pada-penanaman padi-padian daripada penanaman kapas) telah tersebar luas.

Di samping itu, peranan orang kulit hitam tidak lagi merupakan suatu faktor yang menonjol dalam perekonomian pertanian Bagian Selatan dibandingkan dengan zaman silam. Banyak orang kulit hitam yang telah pindah ke utara atau ke Bagian Barat Jauh.

Lebih dari itu, perundang-undangan federal telah meniadakan pembedaan ras dan rintangan ketenagakerjaan. Orang kulit hitam yang masih tetap berada di Bagian Selatan tidak lagi dibatasi hanya pada jenis pekerjaan tertentu saja. Banyak penduduk utara bermigrasi ke Bagian Selatan, membawa serta orang dari berbagai latar belakang keturunan.

Akhirnya, industri menjamur di mana-mana. Meskipun secara teoretis Bagian Selatan masih bersifat pedesaan, daerah metropolitan kota besar se perti Atlanta, Houston, dan Dallas sedang tumbuh dengan pesatnya.

Pemerintah Federal telah mendirikan pusat peroketan di Bagian Selatan sehingga industri peroketan kini sebagian besar terletak di Bagian Selatan, dari Florida sampai Texas. Bagian Selatan semakin banyak memanfaatkan potensi tenaga listriknya, seperti di Lembah Tennessee, untuk industri.

Produksi minyak dan gas bumi juga sedang dikembangkan di sana. Industri tekstil, bubur kayu dan kertas, semen, elektrokimia, dan petrokimia tumbuh pesat hingga mewujudkan Bagian Selatan baru yang bersifat perkotaan dan industri.

Meskipun belum terdapat kota raksasa, kota Richmond di Virginia, Atlanta di Georgia, Birmingham di Alabama, dan Houston di Texas memiliki potensi untuk menjadi kota raksasa. Kota-kota ini menjadi pusat pemanufakturan yang semakin penting. New Orleans tetap mempertahankan keunggulannya sebagai suatu pelabuhan niaga besar, sedangkan Miami adalah pusat pariwisata dan perumahan di Bagian Selatan baru.

Bagian Barat Pegunungan

Wilayah Amerika Serikat yang hampir legendaris ini paling jarang penduduknya karena terdiri atas pegunungan yang tinggi, plato, dan cekung. Sebagian besar cekung beriklim semigurun. Namun, wilayah ini juga merupakan tempat harta terpendam.

Pegunungan dan platonya kaya akan barang tambang. Ada emas, tembaga, perak, timbel, dan seng. Juga terdapat endapan besar besi di wilayah itu. Sekarang ini Utah merupakan salah satu pusat pertambangan benua itu.

Pegunungannya cukup tinggi sehingga memungkinkan adanya ladang salju yang besar dan beberapa di antaranya adalah salju abadi, yang mengisi sungai yang mengalir melintasi lahan yang gersang sekalipun. Lahan gersang yang cukup besar telah diirigasi sehingga usaha tani yang bersumber pada irigasi telah merevolusikan pertanian di daerah itu. Lagi-lagi, Utah merupakan pusat irigasi utama.

Oleh sebab itu, Kota Salt Lake, dengan tambang dan usaha tani beririgasinya, merupakan kota utama di wilayah itu.

Hanya sedikit kota besar lain di Bagian Barat Pegunungan yang telah tumbuh menjadi kota yang cukup besar, tetapi kehidupan di wilayah itu masih terpusat di kota besar, karena semakin banyak pelayanan jasa yang diminta oleh masyarakat pertambangan dan peternakan. Penduduk daerah ini bersemangat dan merupakan potensi besar bagi masa depan.

Bagian Barat Jauh

Bagian ini adalah wilayah Amerika yang paling pesat pertumbuhannya. Karena bagian ini merupakan wilayah terakhir yang akan dikembangkan, ia memetik manfaat dari semua kemajuan sebelumnya. Para pemukim Amerika telah merintis peternakan, usaha tani, dan pembangunan perumahan sementara bagian utara masih bersengketa dengan Inggris.

Gelombang besar para pemukim menyusuri jalan setapak Oregon, Kalifornia, dan Santa Fe. Beberapa tahun setelah gerobak sapi dan kereta angkut berdenyit dan berguncang dalam perjalanan menuju ke barat, jalan kereta api pun sampai ke sana.

San Francisco, Seattle, dan Los Angeles baru mulai dikembangkan menjadi kota besar utama ketika mobil ditemukan. Mobil baru mulai menampakkan dampaknya di kota besar bagian barat ketika pesawat terbang mulai berdatangan. Tekanan pada transportasi inilah yang sebenarnya membentuk Bagian Barat Jauh.

Jalur samudra menghubungkannya dengan Timur Jauh dan, melalui Terusan Panama, dengan Lautan Atlantik. Seolah-olah bagian ini secara ajaib memiliki lokasi yang bagus, padahal daerah ini di “ujung jalan setapak” yang ternyata merupakan titik awal baru.

Amerika menggeser Spanyol sebagai kekuatan utama di Pasifik dengan menjadi pewaris Guam dan Filipina, menggabung Hawaii, dan membeli Alaska. Pada abad ke-19 perluasan pengaruh Amerika yang luar biasa besarnya ini memungkinkan Bagian Barat Laut Pasifik dan Kalifornia memperoleh pasar dan pengaruh keluar yang meluas sampai sejauh ribuan kilometer.

Bagian itu pun mempunyai barang dagangan. Bagian Barat Jauh cukup kaya. Di utara, beriklim sedang dan lembap, serta cocok sekali untuk hutan. Terdapat cemara Sitka dan pinus pesisir di Alaska, dan Douglas fir, cedar barat, serta kayu merah di Washington, Oregon, dan Kalifornia bagian utara. Hutan itu merupakan hutan penghasil bubur kayu dan kayu terbaik di dunia. Produknya laku dijual di luar negeri dan di Amerika Serikat sebelah timur.

Para perintis membuat usaha tani penting di Bagian Barat Jauh. Terdapat daerah penanaman gandum yang luas di cekung Kolumbia tengah, lengkap dengan pabrik tepung terigu di Spokane dan Portland. Lembah Willamette dan tanah rendah Selat Puget memiliki usaha tani sapi perah bermutu tinggi, kebun apel, ladang buncis, dan berbagai usaha tani lainnya.

Lembah Besar Kalifornia, dengan musim dingin yang basah dan musim panas yang kering dan panas, cocok untuk menanam buah, sayur dan juga kapas.

Kapas ditanam di Kalifornia dengan dukungan sistem irigasi yang menakjubkan yang airnya datang dari pegunungan Klamath dan Sierra Tinggi yang berpuncak salju itu. Kalifornia telah memanfaatkan kapal, kereta api, dan truk berpendingin untuk mengangkut jeruk, anggur, prune, dan buah-buahan lain ke seluruh Amerika Utara dan Eropa Barat.

Iklim cerah yang sesuai untuk pematangan dan pengeringan buah itu banyak terkait dengan didirikannya dua cabang industri Kalifornia yang termasyhur, yakni industri perfilman dan industri pesawat terbang.

Pada awal pertumbuhan kedua industri itu cuaca yang cerah dan mantap merupakan suatu keharusan-baik untuk pengambilan gambar maupun untuk menguji pesawat terbang. Kedua cabang industri itu kini menjual produknya ke seluruh dunia.

Dampak film Hollywood adalah menyusupnya kebudayaan Amerika ke kota dan desa di seluruh jagat daripada dampak yang lain. Kenyataannya, emaslah yang benar-benar mengembangkan Kalifornia dan juga membuat Alaska tertera dalam peta.

Demam emas Kalifornia dan Yukon yang tersohor itu menggiring ribuan imigran yang terus tinggal di sana bahkan sampai sesudah tambang itu ditutup. Kedua daerah itu masih memiliki tambang emas tetapi kini tembaga, timbel, dan seng lebih penting.

Yang lebih penting lagi adalah ”emas hitam”, atau minyak bumi, dari bagian selatan Kalifornia. Gas bumi juga diproduksi di Los Angeles dan di dekat San Francisco. Pengembangan pusat listrik luar biasa pesatnya di lembah Kolumbia dan Kolorado hilir.

Kekayaan berupa bahan bakar dan tenaga listrik ini telah membantu bangkitnya industri petrokimia, elektrometalurgi, dan elektrokimia di Los Angeles, San Francisco, dan Seattle. Kota besar itu juga merupakan pusat penting industri elektronika mutakhir Amerika. Ketiga wilayah itu adalah yang terbesar di antara seluruh rumpun kota-kota besar di Bagian Barat Jauh.

Meskipun banyak kekayaan Bagian Barat Jauh berasal dari perikanan, pertanian, kehutanan, dan pertambangan, kekayaan itu sebagian besar terpusat di kota besar karena sekaligus diolah di sana. Los Angeles kini merupakan kota terbesar ketiga di Amerika Serikat dan mempunyai daerah metropolitan kedua terbesar.

Kota ini memiliki daerah pelayanan jasa yang amat mengesankan dalam bidang keuangan, perdagangan besar, transpor, dan terlebih lagi, komunikasi radio dan televisi. San Francisco adalah pusat perniagaan tertua di Bagian Barat Jauh.

Namun, fasilitas perkeretaapian dan pelabuhannya sebagian besar terletak di Oakland, di seberang teluk. Kota ini masih merupakan pusat dunia usaha utama untuk daerah Lembah Besar. Seattle adalah jantung wilayah Teluk Puget, yang merupakan pusat pemrosesan produk kayu, bahan pangan, bahan kimia, dan mesin, serta poros industri sarana angkutan.

Sebagian dari daya tarik Bagian Barat Jauh adalah nilai pariwisatanya yang besar, dengan pemandangan alam yang molek dan iklim yang nyaman. Daya tarik itu terutama menonjol di Hawaii, si ”Permata Pasifik”. Banyak pengunjung yang kembali lagi ke Bagian Barat Jauh untuk menikmati masa pensiun mereka sehingga Kalifornia menjadi saingan Florida sebagai pusat tetirah.

Iklim, pemandangan alam, makanan yang lezat, toko yang anggun, dan tempat rekreasi, serta lokasi kediaman yang bertebaran merupakan kekayaan utama Bagian Barat Jauh. Kalifornia memang paling pesat perluasannya di Amerika Serikat.