Tunisia, #82 Negara Terbaik Untuk Bisnis

  • Whatsapp

Tanjung NewsTunisia menempati urutan ke-82 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Ekonomi negeri ini yang dirancang secara struktural untuk mendukung kepentingan pribadi menghadapi serangkaian tantangan yang terungkap oleh krisis keuangan global 2008 yang membantu mempercepat revolusi Musim Semi Arab 2011.

Setelah revolusi dan serangkaian serangan teroris, termasuk di sektor pariwisata negara itu, hambatan terhadap inklusi ekonomi terus menambah perlambatan pertumbuhan ekonomi dan pengangguran yang tinggi.

Bacaan Lainnya

Menyusul eksperimen buruk dengan kebijakan ekonomi sosialis pada 1960-an, Tunisia fokus pada peningkatan ekspor, investasi asing, dan pariwisata, yang semuanya telah menjadi pusat perekonomian negara.

Ekspor utama sekarang termasuk tekstil dan pakaian jadi, produk makanan, produk minyak bumi, bahan kimia, dan fosfat, dengan sekitar 80% ekspor terikat untuk mitra ekonomi utama Tunisia, UE. Strategi Tunisia, ditambah dengan investasi di bidang pendidikan dan infrastruktur, memicu pertumbuhan PDB tahunan 4-5% dan meningkatkan standar hidup.

Mantan Presiden Zine el Abidine BEN ALI (1987-2011) melanjutkan kebijakan ini, tetapi ketika pemerintahannya memakai kronisme dan korupsi menghambat kinerja ekonomi, pengangguran meningkat, dan ekonomi informal tumbuh. Ekonomi Tunisia menjadi semakin inklusif.

Keluhan ini berkontribusi pada penggulingan BEN ALI pada Januari 2011, yang semakin menekan ekonomi Tunisia karena pariwisata dan investasi menurun tajam.

Pemerintah Tunisia tetap di bawah tekanan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dengan cepat untuk mengurangi tantangan sosial-ekonomi kronis, terutama tingkat pengangguran kaum muda yang tinggi, yang telah bertahan sejak revolusi 2011.

Serangan teroris berturut-turut terhadap sektor pariwisata dan pemogokan pekerja di sektor fosfat, yang menyumbang hampir 15% dari PDB, memperlambat pertumbuhan dari 2015 hingga 2017. Tunis mencari peningkatan investasi asing dan bekerja sama dengan IMF melalui perjanjian Fasilitas Dana Perpanjangan untuk memperbaiki kekurangan fiskal.

Tunisia

PDB $ 40 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 2%
PDB per Kapita: $ 3.500
Neraca Perdagangan / PDB: -10,5%
Populasi: 11,5 juta
Hutang / PDB Publik: 70%
Pengangguran: 15,5%
Inflasi: 5,3%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 65
Kebebasan Moneter: 89
Hak Properti: 75
Inovasi: 83
Teknologi: 90
Pita Merah: 59
Investor Protection: 82
Korupsi: 66
Kebebasan pribadi: 56
Beban pajak: 112

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.

Pos terkait