Ghana, #94 Negara Terbaik Untuk Bisnis

Tanjung NewsGhana menempati urutan ke-94 sebagai Negara Terbaik Untuk Bisnis. Negeri ini memiliki ekonomi berbasis pasar dengan relatif sedikit hambatan kebijakan untuk perdagangan dan investasi dibandingkan dengan negara-negara lain di kawasan ini, dan Ghana diberkahi dengan sumber daya alam.

Ekonomi Ghana diperkuat oleh seperempat abad manajemen yang relatif sehat, lingkungan bisnis yang kompetitif, dan penurunan tingkat kemiskinan yang berkelanjutan, tetapi dalam beberapa tahun terakhir telah menderita konsekuensi dari kebijakan fiskal yang longgar, defisit anggaran dan neraca berjalan yang tinggi, dan mata uang yang terdepresiasi.

Pertanian menyumbang sekitar 20% dari PDB dan mempekerjakan lebih dari setengah tenaga kerja, terutama pemilik tanah kecil. Emas, minyak, dan ekspor kakao, dan pengiriman uang individu, adalah sumber utama devisa.

Perluasan industri minyak Ghana yang baru lahir telah mendorong pertumbuhan ekonomi, tetapi penurunan harga minyak sejak 2015 mengurangi setengah dari pendapatan minyak Ghana. Produksi di Jubilee, ladang minyak lepas pantai komersial pertama Ghana, dimulai pada pertengahan Desember 2010.

Produksi dari dua ladang lagi, TEN dan Sankofa, masing-masing dimulai pada 2016 dan 2017. Pabrik pemrosesan gas pertama negara itu di Atuabo juga memproduksi gas alam dari ladang Jubilee, menyediakan listrik untuk beberapa pembangkit listrik termal Ghana.

Pada 2018, masalah ekonomi utama yang dihadapi pemerintah termasuk kurangnya listrik yang terjangkau, kurangnya basis pendapatan domestik yang kuat, dan beban utang yang tinggi. Administrasi AKUFO-ADDO telah membuat beberapa kemajuan dengan melakukan konsolidasi fiskal, tetapi masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan.

Ghana menandatangani fasilitas kredit diperpanjang $ 920 juta dengan IMF pada bulan April 2015 untuk membantu mengatasi krisis ekonomi yang berkembang.

Target fiskal IMF mengharuskan Ghana untuk mengurangi defisit dengan memotong subsidi, mengurangi tagihan upah sektor publik yang membengkak, memperkuat administrasi pendapatan, meningkatkan pendapatan pajak, dan meningkatkan kesehatan sektor perbankan Ghana.

Prioritas untuk pemerintahan baru termasuk penjadwalan ulang sebagian dari utang $ 31 miliar Ghana, merangsang pertumbuhan ekonomi, mengurangi inflasi, dan menstabilkan mata uang. Prospek untuk produksi minyak dan gas baru dan menindaklanjuti manajemen fiskal yang lebih ketat kemungkinan akan membantu perekonomian Ghana pada 2018.

Ghana Negara Terbaik Untuk Bisnis

Ghana

PDB $ 47 B
Per Desember 2018

Pertumbuhan PDB: 8,4%
PDB per Kapita: $ 1.600
Neraca Perdagangan / PDB: -4,5%
Populasi: 28.1 juta
Hutang / PDB Publik: 72%
Pengangguran: 11,9%
Inflasi: 12,4%

Peringkat

Kebebasan Perdagangan: 137
Kebebasan Moneter: 147
Hak Properti: 60
Inovasi: 83
Teknologi: 87
Pita Merah: 94
Investor Protection: 96
Korupsi: 73
Kebebasan pribadi: 34
Beban pajak: 96

Semua data ekonomi untuk 2017.
Peringkat: 1 = terbaik dalam kategori
Sumber: Heritage Foundation; Forum Ekonomi Dunia; Transparansi Internasional; Rumah kebebasan; Bank Dunia; Badan Intelijen Pusat; Aliansi Hak Properti.