Pentingnya Belajar Bahasa Indonesia Inggris

  • Whatsapp

Sejarah Negara Com – Menggunakan bahasa Inggris selain bahasa Indonesia dalam kehidupan yang ada saat ini sangatlah diperlukan sekali. Tuntutan untuk dapat mengerti dan bekerja dengan berbagai orang yang ada di dunia sudah menjadi hal yang lumrah.

Oleh karena itu, belajar bahasa Indonesia Inggris sangatlah penting bagi kita semua termasuk anak-anak.

Bacaan Lainnya

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang dianggap sebagai bahasa Internasional karena penguasaan mereka sebagai negara yang kuat di bumi ini. Hal demikianlah yang menyebabkan kita dituntut untuk bisa berbahasa Inggris karena bahasa ini telah banyak digunakan oleh banyak masyarakat di tempat lain.

Perlunya Bahasa Inggris

Ada banyak sekali berbagai hal yang bisa kita jadikan sebagai sebuah alasan kenapa belajar bahasa Inggri begitu perlu dilakukan. Sebagai orang yang mau bersikap maju maka kita harus bisa bersikap terbuka terhadap berbagai kemajuan yang ada.

Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa dengan memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik maka hal tersebut adalah suatu yang baik pada diri ini. Pendapat tidaklah sepenuhnya salah dan bisa berarti benar jika kita mampu menempatkannya dalam posisi yang benar pula.

Berbagai hal dan informasi yang ada di dunia ini sekarang memerlukan bahasa Inggris sebagai pembuka atau kuncinya untuk membuka itu semau. Oleh karena itu, sangat wajar sekali jika memiliki kemapuan berbahasa Inggris yang baik dan benar adalah suatu hal yang sangat baik bagi diri kita sendiri baik untuk saat ini maupun di masa yang akan datang.

Salah satu cara untuk mempelajari berbagai kemajuan yang ada tersebut adalah dengan mempelajari bahasa yang mereka gunakan. Berikut adalah beberapa alasan yang diperlukan oleh seseorang sehingga sangat wajar sekali untuk bisa belajar bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-harinya.

1. Pintu Menuju Pengetahuan

Berbagai ilmu pengetahuan yang ada saat ini memang sangat banyak dan berserakan dimana-mana. Jika kita mau tekun dan teliti untuk menimba semua ilmu tersebut maka kita bisa menjadi orang yang pintar dan mampu menyerap berbagai ilmu yang ada.

Namun sayang kebanyakan informasi dan ilmu pengetahuan yang ada tersebut memiliki kesamaan yang sama, yakni semuanya menggunakan bahasa Inggris sebagai media penyampaianya.

Maka dari itu, sudah bukan menjadi hal yang biasa lagi jika kita ingin mengerti tentang berbagai hal tersebut. Belajar berbahasa Inggris sudah bisa dianggap sebagai sebuah keharusan jika kita mau membuka cakrawala ilmu pengetahuan yang akan berguna bagi diri kita sendiri.

Memang, tanpa belajar bahasa Inggrispun sudah ada berbagai ilmu yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh beberapa orang. Namun yang menjadi pertanyaannya adalah apakah semua ilmu yang berbahasa Inggris sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia? Tentu saja jawabannya adalah tidak karena ilmu sendiri akan terus berkembang.

Kemudahan yang ada era ini memang memungkinkan seseorang memperoleh ilmu pengetahuan dalam waktu yang singkat dengan cara yang relatif mudah. Cukup memiliki koneksi internet pun maka berbagi informasi yang dibutuhkan bisa segera dipenuhi.

Namun semuanya lagi-lagi terkendala oleh kemampuan berbahasa kita. Meskipun sudah ada berbagai jasa atau pun software penerjemah tetapi hasil terjemahan yang diberikan belumlah tentu benar dan baik. Oleh karena itu, belajar bahasa Inggris masihlah menjadi keharusan untuk bisa belajar.

Kita bisa melihat bahwa saat ini banyak sekali media-media yang memuat berbagai ilmu pengetahuan dan informasi yang sangat penting. Namun semuanya menggunakan bahasa Inggris. Berikut adalah contoh beberapa media tersebut.

  • Website yang ada di internet. Jika ingin mendapatkan sebuah informasi yang sangat banyak maka kita tidak boleh hanya terbatas pada website dengan bahasa Indonesia saja. Banyak sekali website lainnya tetapi semaunya menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya.
  • Buku. Buku merupakan jembatan ilmu yang bisa dipelajari oleh orang lain. Kebanyakan sumber dari disiplin ilmu yang ada saat ini memang banyak yang berasal dari dunia barat yang semuanya menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Maka tidak heran, jika seorang mahasiswa maupun dosen harus mampu berbahasa Inggris yang baik untuk bisa menyerap ilmu tersebut.
  • Media Pers. Banyak sekali majalah dan surat kabar yang memberitakan tentang berbagai hal ataupun kejadian yang ada di dunia ini dan semuanya sekali lagi menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya.
  • Berita. Jika kita ingin tahu berita dengan skala internasional yang terjadi di berbagai negara baik di timur tengah maupun di eropa atau di Amerika maka semuanya menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantarnya.

2. Alat Komunikasi Bersama

Kita semua tahu bahwa tiap daerah memiliki bahasa masing-masing yang hanya dipergunakan oleh masyarakat setempat. Kita tentunya akan mengalami banyak sekali kesulitan dalam berinteraksi jika kita tidak bisa memahami bahasa yang mereka gunakan.

Dan alangkah sulitnya jika kita harus belajar berbagai macam bahasa untuk bisa mengerti bahasa yang diucapkan oleh masyarakat yang menghuni di suatu tempat. Betapa beruntungnya kita bahwa secara tidak tertulis bahasa Inggris telah disepakati bersama sebagai sebuah bahasa universal yang dipergunakan oleh banyak sekali manusia dalam berbagai negara. Meskipun di tiap negara tersebut sudah memiliki bahasa nasionalnya masing-masing.

Melihat hal yang seperti itu, tentunya akan memudahkan kita untuk bisa berkomunikasi dengan berbagai orang yang ada di berbagai negara. Apalagi dalam era terbuka saat ini yang memudahkan kita untuk bisa berkomunikasi dengan berbagai macam orang yang ada di dunia ini.

Dengan menguasai bahasa Inggris tentunya akan memudahkan kita ketika suatu saat berada di luar negeri baik untuk perjalanan bisnis maupun hanya sekedar berlibur. Komunikasi akan menjadi lancar dan tentunya akan memudahkan bagi kita baik untuk mencari makanan ataupun keperluan lainnya.

3. Karir yang Bersinar

Seseorang yang memiliki sebuah kelebihan dibandingkan dengan orang lain maka dia akan tampak lebih bersinar dan begitu menonjol karena kemampuannya yang tidak dimiliki oleh orang lain. Tentunya hal ini akan memberikan sebuah efek yang sangat positif bagi perkembangan karirnya.

Sekarang ini banyak sekali lowongan pekerjaan yang mengharuskan seorang untuk bisa berbahasa Inggris sebagai syarat diterimanya menjadi seorang karyawan. Tidak hanya itu saja, ketika kita memang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lebih baik daripada karyawan lain maka sudah tentu kita akan dijadikan sebagai ujung tombak dari perusahaan tersebut ketika menghadapi klien dari luar negeri.

Tentunya hal tersebut adalah sebuah keuntungan tersendiri bagi seorang karyawan yang dianggap penting kehadirannya bagi sebuah perusahaan. Jikapun ada pengurangan atau kenaikkan pangkat maka orang yang memiiki kelebihan tentunya akan dipertimbangkan kehadirannya jika dibandingkan dengan dengan mereka yang tidak memiliki kelebihan apapun.

4. Beasiswa Pendidikan

Ketika seseorang hendak belajar atau kuliah ke luar negeri maka bahasa Inggris adalah syarat utama yang harus dipenuhinya. Jadi jika kita ingin mendapatkan sebuah beasiswa untuk melanjutkan jenjang pendidikan di luar negeri maka sudah sepatutnya bagi kita untuk bisa belajar berbahasa Inggris.

Jadi sudah jelas bukan bagaimana pentingnya untuk bisa belajar bahasa Indonesia Inggris untuk diri kita sendiri baik untuk kepentingan pendidikan maupun untuk kepentingan pekerjaan. Seseorang yang mampu menguasai bahasa Inggris saat ini akan memiliki berbagai kemudahan jika dibandingkan mereka yang tidak menguasai bahasa Inggris.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan