Cara memilih Nama Perusahaan, inilah 8 elemen kunci penting

Diposting pada 120 views

Cara memilih Nama Perusahaan – Nama perusahaan menentukan merek Anda. Berikut cara membuat pilihan yang sesuai untuk bisnis Anda. Memilih nama bisnis adalah salah satu keputusan terpenting yang harus Anda buat. Tidak hanya nama yang akan muncul di semua dokumen hukum, itu juga nama yang akan dikenal publik dan ini merupakan bagian dari merek Anda secara keseluruhan.

Pelajari terlebih dahulu apa itu Bisnis: Kepemilikan, klasifikasi, dan kegiatan

Apa yang membuat nama perusahaan bagus?

Nama perusahaan yang baik itu pendek, manis dan mudah diingat. Idealnya, ini terhubung secara longgar ke produk atau layanan Anda, atau memperkuat pesan merek.

Nama perusahaan yang baik menanamkan rasa kepercayaan sekaligus memungkinkan pelanggan sasaran untuk mengidentifikasi layanan dengan cepat dan mudah. Di zaman sekarang buku telepon tidak berfungsi dengan baik ketika orang mengandalkan Google.

Google? Fokuslah pada kata kunci

Siapapun yang telah melakukan pencarian Google tahu, semakin spesifik pencarian, semakin banyak hasil yang akan Anda dapatkan. Tetapi bagaimana jika Anda mencari jenis produk atau layanan? Nama bisnis sangat penting untuk jenis pencarian ini.

Meskipun beberapa istilah umum sudah memiliki potensi penelusuran, ada kemungkinan bahwa sebuah nama dapat membingungkan Google, apakah mereka mencari merek atau yang lainnya. Itu perlu dipikirkan. Sebagai contoh Coca-Cola terdengar lebih baik daripada ‘soda hitam’, jadi sebisa mungkin jangan memilih nama yang umum. Pilihlah yang unik.

Cara memilih Nama Perusahaan

Berikut beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan saat memilih nama perusahaan yang berkaitan dengan SEO:

Baca juga: Seo Abadi

1. Ini bisa menjadi sangat penting untuk mengkategorikan bisnis Anda dengan tepat. Anda tidak akan menemukan banyak perusahaan pipa atau pemanas/AC di bagian restoran di mesin pencari. Mesin telusur memberikan hasil berdasarkan kedekatan dengan pelanggan, jadi lokasi menjadi lebih penting.

2. Nama domain lebih penting untuk SEO. Misalnya, Anda dapat menambahkan add-on untuk membantu tujuan SEO . Tesla ada di TeslaMotors.com sebelum membeli Tesla.com.

3. Pilih nama yang menyertakan kata kunci penting. Saat orang mencari layanan atau produk, kata kunci dalam nama bisnis Anda adalah cara yang sangat baik dan mudah untuk meningkatkan peringkat di halaman hasil mesin pencari. Bisnis kecil tidak memiliki kemewahan untuk membuat nama bergaya yang membantu mereka menonjol dari persaingan. Perusahaan kecil harus puas dengan nama yang memberi mereka pengaruh terhadap persaingan dalam peringkat mesin pencari.

Xavier Morales, CEO Secure Your Trademark, mengatakan bahwa SEO adalah tentang menampilkan kueri penelusuran yang benar.

Jika Anda menamai diri berdasarkan sesuatu yang sangat populer, itu akan selalu mengungguli Anda. Amazon akhirnya mengalahkan hutan hujan Amazon untuk posisi No. 1, tapi butuh anggaran besar. Wow..

Baca juga: 13 Ide Bisnis Patungan

Strategi nama merek

Dalam memilih sebuah nama merek terbaik untuk bisnis, coba pertimbangkan apakah Anda ingin memasukkan struktur bisnis dalam nama merek atau tidak. Misalnya, General Motors biasa memakai nama GM, tetapi pabrikan mobil itu secara resmi bernama General Motors Corporation.

Jika Anda adalah pemilik tunggal atau kontraktor independen, pilihan Anda terbatas dalam hal nama merek, kecuali Anda mengajukan dokumen tambahan. Menurut Legal Zoom, sebuah bisnis harus dinamai menurut nama Anda. Namun, Anda dapat memilih nama merek yang berbeda setelah mengajukan dokumen yang dikenal sebagai formulir DBA. DBA adalah singkatan dari “doing business as” (melakukan bisnis sebagai. Semua jenis bisnis lainnya akan memiliki nama merek default ke nama resmi perusahaan mereka kecuali DBA diajukan.

Meskipun sebuah perusahaan mungkin hanya memiliki satu nama resmi, ia dapat memiliki beberapa nama merek. Terkadang ini adalah strategi untuk rantai ritel.

Sebagai contoh, jika perusahaan menjual pakaian, mungkin ada toko yang mewakili nilai atau pembeli yang berbeda, dan beri nama yang sesuai. Misalnya, Gap menjual barang-barang kelas atas dengan merek Banana Republic dan barang-barang terjangkau dengan merek Old Navy.

Pottery Barn adalah perusahaan lain dengan beberapa merk, diantaranya PB Teen dan Pottery Barn Kids yang menawarkan aksesoris furniture untuk anak dan remaja. Juga, Pottery Barn memiliki nama merek di bawah organisasi Williams Sonoma mereka.

Nama perusahaan yang baik mencerminkan 8 elemen kunci

Faktor lain selain potensi mesin pencari yang membentuk nama perusahaan yang baik meliputi sebagai berikut:

1. Sebuah cerminan dari prioritas pelanggan

Perbaikan Mobil yang Jujur mencerminkan orang-orang yang ingin menghindari penipuan oleh mekanik. “Deal on Wheels Auto Sales reflects customers” mencerminkan keinginan pelanggan untuk mendapatkan harga yang bagus. “Jealous Neighbors Home Remodeling” mencerminkan kesombongan orang-orang tentang perbaikan dan peningkatan rumah. Semua nama ini juga memberi tahu Anda tentang apa fokus bisnis ini.

2. Permanen

Temukan nama perusahaan yang membuat Anda bahagia hari ini, besok dan dalam 20 tahun kemudian. Berlatihlah mengangkat telepon 20 kali dan menjawab ‘Terima kasih telah menelepon perusahaan bla bla bla. Bagaimana saya bisa membantu Anda?” Itu harus keluar dari lidah dan mudah dimengerti.

3. Kesederhanaan

Nama perusahaan yang baik harus mengomunikasikan kisah merek Anda dan mudah diucapkan, dieja, dan diingat.

4. Relevansi

Buatlah relevan dengan apa yang Anda lakukan sehingga orang akan tahu apa itu tanpa harus menggali terlalu jauh.

5. Hubungan dengan misi Anda

Pilih sesuatu yang mewakili apa yang Anda lakukan. Keandalan produk dan layanan kepada pelanggan dijalin ke dalam budaya dan misi perusahaan, sehingga menciptakan nama dengan keandalan terjalin masuk akal.

6. Skalabilitas

Ini berarti nama bisnis Anda harus mengakomodasi secara luas untuk pertumbuhan bukan nama bisnis yang mengamputasi kenaikan Anda di ruang pasar. Misalnya, mengikat ‘sepatu’ ke nama bisnis Anda untuk sebuah merek fesyen dapat menjadi penghalang jika Anda ingin memperluas ke pakaian jadi nanti. Pada dasarnya, Anda tidak ingin nama bisnis yang menempatkan Anda pada satu ceruk untuk keseluruhan umur bisnis Anda.

7. Ketersediaan digital

Karena saat ini hampir semuanya digital, Anda harus memilih nama dengan URL domain yang tersedia sebaiknya yang diakhiri dengan .com. Orang awam terbiasa dengan nama domain berekstensi dot com.

8. Universalitas

Banyak ahli menekankan untuk memastikan nama bisnis tidak diterjemahkan menjadi sesuatu yang menyinggung, memalukan, atau yang merupakan antitesis dari niat Anda. Pencarian terjemahan sederhana akan memberikan hasil yang diinginkan.

Kiat dan praktik terbaik untuk memilih nama perusahaan

1. Pikirkan

Jika Anda kesulitan menemukan nama perusahaan, mulailah dengan membuat daftar kata kunci di atas kertas yang terkait dengan tujuan bisnis atau perusahaan Anda. Anda dapat membuat daftar produk yang di jual, tujuan pengalaman pelanggan, jenis industri, dan banyak lagi. Perluas daftarnya dengan menyertakan kata sifat yang menurut Anda sangat terkait dengan bisnis Anda. Daftar kata dapat digunakan untuk menggabungkan nama baru.

2. Berpikir di luar kotak

Bersamaan dengan daftar kata hasil riset, lihat cara Anda dapat membuat nama perusahaan unik untuk bisnis. Misalnya, Anda dapat memilih ejaan nama yang non-tradisional. Pilihan lainnya adalah menerjemahkan nama ke dalam bahasa asing.

3. Lakukan banyak riset

Temukan nama yang melengkapi produk atau layanan yang Anda tawarkan, sesuatu yang unik yang menyampaikan perasaan apa pun yang ingin Anda sampaikan. Kemudian teliti nama itu, pastikan tidak ada orang, atau industri yang menggunakannya meskipun itu mirip.

Pencarian merek dagang federal harus dilakukan untuk menentukan apakah ada merek dagang yang sudah terdaftar untuk nama atau merek serupa untuk bisnis.

4. Lakukan penelitian di situs media sosial

Kunjungi situs media sosial, dan teliti pilihan teratas Anda di jaringan. Misalnya, meskipun nama perusahaan Anda mungkin unik secara lokal, Anda mungkin menemukan bahwa ada lusinan bisnis bernama serupa yang beriklan di media sosial. Cobalah untuk menonjol sehingga Anda dapat ditemukan dengan mudah oleh pelanggan saat mereka menelusuri nama Anda.

5. Periksa potensi SEO

Coba lihat apakah ada sesuatu yang bisa terjadi, coba membuatnya menarik (sesuatu yang mudah diingat orang jika mereka mendengar atau melihatnya di iklan) dan unik. Mengetahui “zona bahaya” itu penting. Penting untuk mengetahui area mana yang harus dihindari. Dengan begitu banyak merek dagang, peluang untuk dapat menggunakan satu kata bahasa Inggris menjadi sangat tipis. Zona bahaya yang umum adalah satu kata dalam bahasa Inggris, kata-kata kuat, dan kata-kata simbolis.

6. Minta umpan balik

Bicaralah dengan kolega, teman, keluarga, dan masyarakat umum. Coba tanyakan kepada mereka nama apakah nama yang Anda pilih dalam benak mereka dan jenis bisnis apa yang menurut mereka gambarkan. Ini dapat membantu Anda melihat masalah yang mungkin tidak terpikirkan.

7. Gunakan waktumu

Karena Anda tidak akan mengubah nama perusahaan, itu perlu sesuatu yang benar-benar Anda pikirkan. Jadi pastikan Anda meluangkan cukup waktu untuk memikirkan dan mempertimbangkan berbagai hal sebelum membuat keputusan akhir.

8. Pikirkan tentang periklanan

Ingatlah bahwa nama adalah iklan itu sendiri. Jadi bagaimana Anda akan beriklan berperan dalam memilih nama. Ketika Anda pergi ke mal dan melihat Forever 21, Anda tahu mereka menjual pakaian. Mereka tidak benar-benar beriklan di tempat lain. Tapi namanya memberi tahu Anda.

Baca juga: Bagaimana cara menjangkau Pelanggan melalui Digital Marketing?

9. Buat daftar kata

Tentukan gaya Anda (klasik, pragmatis, modern, menyenangkan, emosional, dll.), Tulis elemen merek sekunder Anda (ide besar, nilai, emosi, proposisi nilai, dll.) Dan kemudian lakukan brainstorming. Gabungkan semua kata, konsep, dan ide favorit Anda yang terkait dengan perusahaan, lalu terus susun ulang hingga Anda menemukan sesuatu yang sesuai. Anda juga dapat menggabungkan bagian dari dua kata.

10. Ajukan merek dagang

Setelah memiliki nama bisnis, Anda perlu mengajukan permohonan merek dagang untuk melindungi merek tersebut. Setelah Anda melakukan penelusuran nama dan menemukan bahwa merek dagang Anda unik, Anda dapat mengajukan permohonan merek dagang dan membayar sedikit biaya pengajuan. Mengajukan merek dagang dan menerima merek tersebut, memastikan bahwa hanya Anda yang memiliki hak eksklusif atas merek tersebut.

Apa yang harus dihindari saat memilih nama perusahaan?

Kesalahan ini penting untuk dihindari saat menamai perusahaan Anda dan membangun merek, yaitu sebagai berikut:

1. Jangan mencoba untuk mendapatkan nama yang mirip dengan orang lain. Jika Anda memiliki restoran yang menjual hamburger, jangan mencoba menjadi McDougal atau Mickey D’s. Anda bisa saja menghadapi tuntutan hukum dan harus melakukan ulang branding dan papan nama Anda.

2. Jangan mencoba melakukan segalanya dengan nama Anda. Ingatlah bahwa nama adalah salah satu bagian dari keseluruhan strategi branding Anda. Jangan terlalu pintar atau imut. Anda ingin mengkomunikasikan apa yang Anda lakukan dan mengapa Anda melakukannya, jadi tetaplah pada dasarnya. Jangan mencari sesuatu yang akan menjadi ‘unik’. Jika orang harus bertanya apa arti nama perusahaan Anda, Anda harus memiliki merek yang sangat kuat untuk mengatasinya.

3. Jangan memilih nama yang Anda benci karena pelanggan menyukainya. Teruslah mencari. Setelah dipilih, Anda harus benar-benar terbujuk untuk membuat nama menjadi apa pun yang diinginkan.

Contoh nama perusahaan yang bagus

1. Headspace

Nygard mencatat bahwa ini adalah nama yang bagus karena terkait dengan konsep meditasi yang mereka wakili.

2. Standard Oil

Itu adalah ‘standar’ dalam industri minyak selama beberapa tahun.

3. Adidas

Meskipun nama tersebut sebenarnya berasal dari nama saudara laki-laki yang menciptakan merek tersebut, gagasan yang populer adalah bahwa merek tersebut adalah singkatan dari “All Day I Dream About Sports.” Itu menciptakan asosiasi Adidas dengan pakaian olahraga.

4. Firefox

Ini adalah dua kata yang mudah diingat, membuat nama pendek yang mudah diingat karena kedua kata tersebut diawali dengan huruf F. Firefox juga merupakan nama yang bagus untuk tujuan pencitraan merek, karena membuat logo yang mudah diingat menjadi lebih mudah.

Tidak ada nama yang sempurna. Setiap nama memiliki beberapa batasan. Membuat nama yang bagus hanya setengah dari memilihnya. Bagian dari penamaan yang berhasil berkaitan dengan cara Anda menggunakan nama setelah dipilih.

Bisnis